Get Adobe Flash player

Berita Militer

Current Articles | Categories | Search | Syndication

Pangkoarmada I Terima Kunjungan Kehormatan Commander Task Force 76 US Navy

 
 Jakarta, 11 Juli 2018-- Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E, M.M., menerima kunjungan kehormatan Commander Task Force 76 US Navy RDML Bradley Cooper di Ruang VIP Mako Koarmada I, Rabu (11/7).

Dalam pertemuan tersebut, Pangkoarmada I mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada delegasi atas kunjungan kehormatan ke Mako Koarmada I. Kunjungan tersebut merupakan sebuah kehormatan bagi Koarmada I. Diharapkan akan semakin memperat hubungan kerjasama antar kedua Angkatan Laut khususnya Koarmada I dengan US Navy. "Hubungan kerjasama yang sudah terjalin dengan baik akan ditingkatkan lebih intensif", ujar Pangkoarmada I.

Dalam kesempatan tersebut, Pangkoarmada I memperkenalkan delegasi dari TNI AL yang terdiri dari Danpasmar I dan para Pejabat Utama Koarmada I. Selanjutnya Pangkoarmada I menjelaskan secara singkat tugas pokok Koarmada I dalam melaksanakan pengamanan yuridiksi perairan wilayah barat Indonesia. Dimana dalam melaksanakan penegakkan hukum dan kedaulatan di laut, Koarmada I mengerahkan unsur-unsurnya berupa Kapal Perang (KRI), Pesawat Udara dan Kapal Patroli Keamanan Laut (Patkamla) dengan dukungan Pangkalan-pangkalan TNI AL yang tersebar di wilayah barat. Selain itu dibentuknya satuan reaksi cepat dalam penanganan tindak pidana di laut yaitu First Fleet Quick Respons (1St FQR), dimana dalam melaksanakan tugasnya terdiri darikombinasi kerjasama taktis antara operasi dan intelijen.

Harapan dari tujuan kegiatan kunjungan kehormatan ini adalah kerjasama baik yang sudah terlaksana saat ini kedepannya akan lebih ditingkatkan lagi, baik dalam bidang operasi latihan maupun bidang pendidikan ataupun kursus. Selain itu, dalam waktu dekat kedua Angkatan Laut akan melaksanakan Latihan Bersama yaitu CARAT 2018 dimana Koarmada I bertindak selaku tuan rumah/penyelenggara dengan melibatkan beberapa kekuatan dari kedua Angkatan Laut yaitu Unsur Kapal Perang, Marinir dan Staf. Harapannya agar seluruh kegiatan dari mulai tahap persiapan sampai dengan tahap pelaksanaan dapat berjalan dengan lancar sesuai yang diprogramkan.

Kunjungan kehormatan ini juga dilakukan juga karena TNI Angkatan Laut secara rutin senantiasa terlibat aktif dalam latihan-latihan yang digelar oleh US Navy diantaranya dengan mengikuti Latihan RIMPAC 2018 yang saat ini diselenggarakan di Hawai dimana sebagai penyelenggaranya adalah Armada ke-3 US Indopacom, sehingga timbal baliknya pimpinan US Navy berkunjung ke TNI Angkatan Laut.

Dalam kesempatan tersebut, Pangkoarmada I turut didampingi oleh Danpasmar I Brigjen TNI (Mar) Alamsyah, Kaskoarmada I, Asops dan Asintel Pangkoarmada I, Paban I Hublu Spamal, Athal RI untuk Indonesia, Dansatkor serta Dansatfib Koarmada I. Sementara dari delegasi CTF 76 dibawah pimpinan RDML Bradley Cooper sebagai Co Amphibious Force US 7th Fleet, CDR Jhone Shone selaku N2, Col Giles Boyce selaku III Marine HQ Battalion Co dan Lt Col Kathryn Palk.


posted @ Wednesday, July 11, 2018 3:10 AM by Dispenarmabar

Previous Page | Next Page