Get Adobe Flash player

Berita Militer

Current Articles | Categories | Search | Syndication

KOARMABAR KERAHKAN DUA KRI LAKSANAKAN SAR TABRAKAN KAPAL

 
 
     Jakarta, 27 September 2012, -- Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar ) mengerahkan dua kapal perang (KRI ) untuk melaksanakan SAR (Search and Rescue) terhadap korban tabrakan kapal tanker MV Norga Gastar dengan kapal feri KMP Bahuga Jaya yang terjadi di Selat Sunda, Rabu (26/9).

     Kedua kapal perang tersebut adalah KRI Pati Unus-384 dan KRI Tenggiri-865.  Selain itu, juga dikerahkan satu unit kapal Patkamla Lanal Lampung serta Sea Raider dan perahu karet dari Brigif 3 Marinir yang bermarkas di Piabung, Lampung Selatan.

     Komandan Pangkalan   Angkatan Laut (Danlanal) Lampung Kolonel Laut (E) Fery Sidjaja, mengatakan, kecelakaan laut antara MV Norga Gasar dengan kapal feri KMP Bahuga Jaya terjadi pada posisi 05 52.2717 Lintang Selatan - 105 51.5142 Bujur Timur.

     Akibat tabrakan tersebut, 30 menit kemudian, KMP Bahuga Jaya tenggelam. Para korban tabrakan kapal tersebut pertama kali dievakuasi oleh dua kapal feri dan TB Jack Winda yang kebetulan berada tidak jauh dari lokasi kejadian.

     Menurut  Danlanal Lampung, awal peristiwa bermula Lanal Lampung menerima laporan tabarakan kapal dari Pos Angkatan Laut (Posal) Bakahueni, selanjutnya peristiwa tersebut dilaporkan secara berjenjang kepada Pemimpin TNI Angkatan Laut  untuk berkoordinasi mengerahkan unsur-unsur melaksanakan SAR.

     Selain itu, Lanal Lampung juga bekerja sama dengan Korem Garuda Hitam dan Polda lampung dalam lebih mempercepat pengerahan unsur-unsur SAR.


posted @ Wednesday, September 26, 2012 5:52 PM by Dispenarmabar

Previous Page | Next Page