Get Adobe Flash player

Berita Militer

Current Articles | Categories | Search | Syndication

Prajurit Lantamal XII Latihan Praktek Komunikasi Tahap I

 
Jakarta, 16 April 2018,-- Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XII Pontianak laksanakan latihan praktek komunikasi Tahap I di Gedung Malahayati Markas Komando (Mako) Lantamal XII Pontianak Jalan Komyos Sudarso No. 1 Pontianak Kalimantan Barat.

Pelatihan praktek prajurit komunikasi merupakan salah satu hal yang sangat penting guna mendukung dalam pelaksanaan tugasnya di bidang komunikasi, dalam melaksanakan suatu rencana operasi, Keberhasilan suatu operasi tergantung dari koordinasi dan komunikasi yang baik antara satu dengan yang lain. Di dalam organisasi Angkatan Laut Satuan Komunikasi mempunyai tugas pokok melaksanakan dukungan komunikasi baik untuk kepentingan operasi maupun administrasi antara komando tingkat atas dengan komando tingkat bawah, serta bertanggungjawab atas kerahasiaan suatu berita yang dikirim atau diterima. Komunikasi akan berjalan dengan baik dan lancar apabila personil pengawak memahami bagaimana cara mengoperasikan Alkom dan mengerti tentang prosedur komunikasi.

Latihan komunikasi Tahap I Lantamal XII ini di pimpin langsung Kasatkom Lantamal XII Letkol Laut (P) Gurtom fartianto, S.E. mengatakan bahwa Latihan ini diselenggarakan agar personil pengawak Alkom khususnya yang berdinas di Posal, Posmat, KAL dan Patkamla dapat terjaga dan meningkatkan kemampuannya dalam melaksanakan penugasan di lingkungan komunikasi TNI AL.

Di dalam latihan praktek komunikasi ini, prajurit di latih dalam berbagai hal berkaitan dengan fungsi dan tugasnya mengawaki peralatan komunikasi yang meliputi berita melalui isyarat bendera semapore, pengiriman berita RTG (Radio Tele Grap ) dengan lampu isyarat, menerima berita SRAL ( Siaran Radio Angkatan Laut) serta melaksanakan pengoperasian komunikasi pengiriman dan penerimaan telegram dengan komando jajaran TNI AL , serta melaksanakan distribusi telegram ke seluruh satuan kerja di bawah jajaran lantamal XII.

Di dalam Latihan para peserta Bintara dan Tamtama Satuan Komunikasi Lantamal XII ini menerima bimbingan dari para Perwira Tentang pengetahuan komunikasi baik administrasi telegram, pengetahuan laksanakan perawatan Alkom, perawatan Jaringan internet VPN IP dan perawatan telepon mako lantamal XII, perawatan sound system dan mendukung dalam kegiatan protokoler.
 

posted @ Sunday, April 15, 2018 6:30 PM by Dispenarmabar

Previous Page | Next Page